Wednesday, 16 January 2013

Bagaimana Kinerja Polisi Indonesia ?

Hai selamat pagi semua, saat ini saya mau posting soal unek-unek yang baru saja saya alami. Gimana kalian di tahun 2013 ? Yang jomblo apakah sudah menemukan tambatan hati ? Atau yang LDR masih setia menunggu walaupun sakit akhirnya ? Oke skip intro ngaci itu, anggep aja itu efek kengacoan kejadian tadi.


Hari ini tanggal 16 Januari 2013, ceritanya saya mau anter temen buat beli notebook ke salah satu tempat penjualan notebook *iya lah masa ke tukang matrial*. Semua perjalanan baik-baik aja, malahan kita sempet makan bubur bareng. Tapi semua gak berjalan mulus, saat di salah satu perempatan ada gerombolan polisi yang siap nerkam para pengendara motor. Temen saya sempat sedikit panik dan mencoba untuk berhenti kurang lebih 1 km dari razia itu. 


Tapi mungkin nasib berkata lain, karena ternyata ada polisi yang sengaja diam di warung untuk mengamati para pengendara motor. Polisi itu langsung menghampiri motor yang kita kendarai, seperti  biasa gaya polisi yang sok imut itu. "Selamat pagi dek, bisa tunjukin surat dan SIM nya". Akhirnya temen saya menunjukan kartu itu dengan sedikit gugup, tapi ternyata entah polisi itu kurang makan atau matanya yang siwer. Kita lolos dari razia itu, tapi tetap kita tidak melanjutkan perjalanan karena di depan sana ada razia sesungguhnya. Dan celakanya saya tidak memakai helm.


Nah hal yang ingin saya garis bawahi, bukan tentang razia tadi pagi. Tapi mengenai polisi yang kadang tidak masuk akal dalam menilang pengendara motor atau mobil. Pernah sewaktu SMA saya ditilang karena pentil motor yang sebenarnya saya tidak mengerti dimana letak kesalahannya. Jika saya ditilang karena hal yang salah, mungkin saya tidak akan protes sedemikian rupa.


Masalahnya terletak pada pihak polisi yang kadang tidak masuk akal dalam menilang. Memang semua itu bukan sepenuhnya kesalahan polisi, tetapi terkadang pengendara motor di Indonesia yang tidak ingin repot dan maunya cepat saja.


Tetapi menurut saya, seharusnya pihak polisi sebagai penegak hukum harus bisa lebih tegas dan harus menerapkan sistem anti suap. Memang sulit untuk menegakan keadilan diantara semua yang tidak adil. Mungkin ini semua bisa menjadi unek-unek seluruh masyarakat pengguna motor di Indonesia. 


Tulisan ini tidak bermaksud untuk menyudutkan salah satu pihak, hanya berharap semua keluhan ini bisa terjawab. Ini hanya sebuah opini yang sekali lagi tidak bermaksud untuk membuat pertengkaran. Ini pendapatku, apa pendapatmu ? 

65 comments:

  1. ini masih sopan mbak, nah kemarin lusa malah polisi razia tanpa hormat langsung ngomong "SIM sama suratnya mana"
    lah apa gak asemmm tu arrrggghhh
    so, di Indonesia hanya ada dua polisi yang baik, polisi tidur dan patung polisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seharusnya kan gak se.asem itu ya kalo mau nilang, setuuju deh sama mbah rico :)

      Delete
  2. kita juga sebenernya harus bijaksana, jangan terlalu menyalahkan polisi toh yang menyulut terjadinya suap kan pasti pengendara yang kena tilang yg dengan sengaja memberi duit, padahal salah. harusnya dari kita sendiri mencegah supaya jngn trjadi suap atau nyogok dan tentunya patuhi peraturan, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, gue setuju sama yang ini...

      ga semua polisi itu jelek kok, masih banyak polisi yang oke kerjanya :) semagai anggota masyarakat kita harus patuhi peraturan, dan mereka sebagai aparat hukum harus bertindak tegas, jujur, dan adil... dan tingkatkan kinerja yg bersih :)

      Delete
    2. iya memang bang kan gua juga sebutin gak semua kesalahan polisi .
      tapi terkadang gua menyayangkan tindakan polisi-polisi itu .

      Delete
  3. yaah..begitulah hen..

    kdang ada bbrpa pihak yang iseng hobi nyari kesalahan. walaupun gak semuanya begitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tapi lebih banyak ke iya nya kak :)

      Delete
  4. iyup, polisi itu mengayomi masyarakat.
    polisi sudah berusaha dengan baik, tapi memang ada beberapa oknum yang lupa akan ikrarnya.
    ketika kena masalah "pentil ban", mungkin itu termasuk kena oknum yang lupa ikrar.
    saya juga pernah kena tilang di daerah buah batu bandung gegara naik motor cuman pake kaos singlet dan koloran doang (tapi pake helm dan surat surat lengkap).
    sedang kurang beruntung ketika itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah itulah keanehan yg sulit untuk diterima oleh akal :|

      Delete
  5. Iya kalo lagi laper polishit emang suka gitu.
    Malah pernah ada yang ditilang gara-gara nangis, ditilang ngga pasang pentil, ditilang gara-gara bawa istrinya polisi aja yang gue belum liat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gara-gara nangis ? ko bisa sih ?
      kayanya kalo bawa istrinya polisi bakal ditilang deh :p

      Delete
  6. Hahahha gw jadi ingat wktu gw ngebully polisi wktu gw ditilang, sumpah itu ngakak. Hhhmm btw klu emg gak ad sogok2an atau suap2an brrti kita smua yg dtilang bkal disidang, ogah ah hen.mending byar dtempat mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nge.bully gimana nih va ?
      nah itu dia kebanyakannya orang itu gak mau ribet haha.

      Delete
  7. terkadang ad juga sih polisi nakal dlm artian sengaja nyari kesalahan...

    ReplyDelete
  8. Polisi emang kerjaannya nilang orang seenak jidat.
    Kalo lg bokek tinggal turun ke jalan, mencari2 kesalahan pengendara.

    nilang orang2 dan nilang anak bau kencur juga ! Dan ribuan hingga ratusan rupiah pun masuk kantong polisi tsb -,
    #kelakuaaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang kebanyakan anak sekolah yg jadi sasaran dengan segala alasan gak logisnya -.-

      Delete
  9. wah, ini beda lagi nih mbak, di pengurusan surat SIM, ada banyak oknum lho, ane udah alamin tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gua sih belum punya SIM jadi gak tau deh -.-

      Delete
  10. INi yang katanya Polisi mau berubah........gak terbukti.
    Gerakannya harus dari yang di atas, masalah polisi yang kurang kerjaan gini sedikit demi sedikit bisa dihilangkan. aamiin *ikutan sebel

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakin ini bisa dihilangkan ? *hening*

      Delete
  11. sebenarnya sih kayaknya bukan sepenuhny salah polisi .. karena klo kita ditilang karena nggak pakai helm itu kn buat keselamatan diri sendiri .. hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih kalo masalah helm mah, kalo gara-gara pentil atau kaca spion kan aneh -_-

      Delete
  12. naaaaaaaaah temenku juga pernah tuh di tilang cuma gara gara kaca spionnya retak dikit. dan parahnya, itu polisi ngambil duit 'damai' di dompet temenku secara langsung, ga pake babibu Rp 50.000 yang ada di dompet langsung di ambil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah mantan gua dulu sampe 100rb lohh, mana sambil dibentak-bentak lagi huhu.

      Delete
  13. Sepertinya udah rahasia umum ya, masih banyak oknum polisi yg tidak pandai bersyukur dgn gaji bulanannya sehingga nyari sampingan tanpa prosedur yg jelas tapi jelas2 dilarang agama. Yah meskipun masih ada juga polisi yg benar dan menjalankan tugas dgn benar, tapi sayang sekali, dalam kehidupan nyata, saya lebih sering dijumpakan dan menyaksikan langsung oknum polisi yg gak bener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sama mbak, di kehidupan nyata malah polisi 'nakal' yg sering saya temui :|

      Delete
  14. huwaa.. guwe males banget kalo liat polisi, tapi mantan gebetan guwe malah jadi polisi -___-"
    guwe juga udah kena beberapa kali tuh, alasannya melanggar aturan.. tapi emang bener sih, tapi ada juga yang cuma dibuat-buat, soalnya guwe juga gak ngerasa ngelanggar sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahlo gimana tuh jadinya ?
      iya kalo emang ditilang karna kesalahan sih oke, ini kalo tiba-tiba ????

      Delete
  15. wahh...
    ternyata bukan gue aja yang jadi korban pentil ban dan gue lupa nyalain depan....

    iya polisi zaman sekarang sesuka hatinya aja menilang apalagi bulan tua...wahhh parah dehhh...
    tapi,,,si di tilang juga rusnya sadar atas apa yang salah,,,karena si di tilang aja ngeluarin uang damai jadinya polisinya mau damai coba juga yang di tilang mau menghadapi di pengadilan nanti,,,kan ga ad praktek suap-menyuap,,,,alasan cma ga mau repot,
    semua sieh saling tidak adil.

    klo di tanya man surat-suratnya yaA lo kasih aja surat tanah atau surat garansi tv...hahahahaahah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan itu sedikit gak logis kalo menurut gua.

      tanggal tua emang waktunya mereka berkeliaran di jalan, entah harus gimana nyetopnya ?

      Delete
  16. cuma ada di Indonesia. tapi tetep aja aku bangga jadi warga Indonesia yang punya polisi seperti itu. hahhaa

    ReplyDelete
  17. iya,image polisi emang udah jelek.
    meskipun beberapa kinerjanya udah bagus, tapi ketutup sama yang kinerjanya jelek

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo kata peribahasa tuh apa ya ? *mendadak lupa*

      Delete
  18. wah iya bener tuh kak,, mereka nilang sering gak masuk akal, kemaren aja gue naik motor gak pake celana, eh ditilang,,kan gue udah pake helem,, bawa sim, stnk kaca spion juga ada,, dan dari itu gue gak mau naik motor lagi,,, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gak pake celana dalem ? ya pantes lah kalo ditilang -.-

      Delete
  19. hampir sama kayak lo, gue juga pernah kena tilang pas kebetulan jalan yang gue lalui tempat balapan liar, gue cuek aja lewat gue ga ikut balapan, eh ga tahunya gue jaga ditilang. Kusut banget sumpah. Gue trauma sama polisi-polisian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin muka lu mirip sama pembalap liar itu haha, untung gak trauma sama polisi beneran :|

      Delete
  20. wkwkk udah gue duga cerita yang kemaren :D
    eh kan lo pake kerudung ,emang masih ditilang? bukannya gak papa ya gak pake helm

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan gua belum cerita bang -.-
      iya emang pake kerudung, tapi kan tetep harus pake helm bang.

      Delete
  21. Kadang gue merasa mendapatkan 'kesempatan' yang bagus kalo polisi bisa disuap (gue belum punya SIM). tapi gue juga merasa kalo suap menyuap ini tidak dibenarkan.
    Yah, tapi kita perlu keadilan.. ga seharusnya gini terus, walaupun ada beberapa kejadian yang menjanjikan kedua belah pihak saling 'menguntungkan'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia yg bikin dilema, di satu sisi kita butuh tapi di sisi lain itu kebiasaan gak baik :|

      Delete
  22. ini masih mending ada basa basinyaa .. waktu itu gue dan temen temen gue langsung di tanya mau damai atau sidang , -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kalo itu to the point banget, mungkin dia udah gak kuat kali -.-

      Delete
  23. polisi yang kayak gitu ya kalo di bandung siang ya nyegatnya, di surabaya beda hen, di surabaya biasanya di atas jam 00.00 pernah gua kena, waktu itu habis nongkrong pulang jam 1.30 terus temen gua yg bonceng g punya SIM, dia langsung aja nyerocos sambil kasih harga, 50.000 mas, kalo surat biru/sidang pak. mas mau ta SNTK nya hilang soalnya di kantor pusat itu sering ketelisut, digituin, keren gak sih tu orang, dan pasti pakek rompi hijau dan namanya ketutup rapet

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah kan mereka gak mau identitasnya keliatan .
      malah kaka gua pernah ditilang di Jakarta, dan polisinya bilang gini "ayo mau sidang apa 50rb?" .
      parah kan tuh -.-

      Delete
  24. nggak semuanya gitu ah. kadang itu cuman 'oknum' walaupun jumlahnya banyak :D ya banyak juga sih yang kayak gitu kadang yang ditilang ngaku kalau dia salah terus mendingan ikut jalan 'damai' udah rahasia umum lah itu.

    http://kukuh.my.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang gak semua, tapi kebanyakannya .

      Delete
  25. bener tuu,, aq jg kesel banget klo udh ditilang,, pernah ditilang karena trlambat ngeweser,, yaelaahhh,, gak telat2 amet jg,, tohh gak ada kendaraan di depan ama belakang aq,, maen tilang.. huhh,, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeweser apaan sih mbak ? gak ngerti nih -.-

      Delete
  26. pas banget ngomongin soal polisi dan sim... gua kemarin rabu habis gagal ujian sim c *curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. WHAT ? GAGAL ? GAGAL ? CIYUS GAGAL ?
      kenapa bisa ? *sambil ketawa*

      Delete
  27. betol..betol... aku pernah kena tilang karena kaca spionn.. huh....

    ReplyDelete
  28. Iya ih, saya juga pernah tuh berurusan sama polisi. Masa ditilang gara-gara lampu motor mati coba? kalo kejadiannya malam hari okelahlah ini tuh siang, buat apaan nyalain lampu siang bolong? emosi jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada aturan kalo lampu kendaraan itu harus terus nyala *katanya sih*

      Delete
  29. aku juga beberapa kali pernah ditilang, terus beberapa kali di berentiin sama polisi yang "nyari sarapan"

    kalo disini banyak yang kaya gitu, pagi setelah jam berangkat kerja, polisi naek motor boncengan berdua, nyari2 mangsa

    tarif "damai" :
    gak punya sim biasanya 100-150
    penumpang gak pake helm 50 cukup lah,
    tapi kalo udah dikeluarin kertas tilang, udah gak bisa "damai" hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sampe pada hapal kan tarif penilangannya ? ckckkck

      Delete
  30. sama banget tuh waktu itu , temen ada yg di razia motor
    karena pentil motornya dia ganti sama yg unik unik gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aneh kan kenapa bisa kaya gitu :|

      Delete
  31. kunjungan perdana sobat, sambil baca2 :)
    visit n koment back ya dblogq :)
    skalian follow blogq y nanti ak folback

    ReplyDelete
  32. ya gitu lah police indonesia..
    aku pernah ditilang karena lampu, siang hari gak idupin kena tilang, memang sialan tuh..haha
    akhirnya terjadi perdebatan panjang dengan polisi itu..

    ReplyDelete

Udah baca kannn ?
Ayo dong tumpahin aernya *nahlo
BW lah kawan, karna BW sebagian dari iman :))

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...