Tuesday, 29 January 2013

Teknik Menulis


Freewriting means jotting down in rough sentences or phrases everything that comes to mind about a possible topic. See if you can write nonstop for ten minutes or more. Do not worry about spelling correctly, about erasing mistakes, about organizing material, or about finding exact words. Instead, explore an idea by putting down whatever pops into your head. If you get stuck for words, repeat yourself until more words come. There is no need to feel inhibited, since mistakes do not count and you do not have to hand in your freewriting.

Freewriting will limber up your writing muscles and make you familiar with the act of writing. It is a way to break through mental blocks about writing. Since you do not worry about mistakes, you can focus on discovering what you want to say about a subject. Your initial ideas and impressions will often become clearer after you have gotten them down on paper, and they may lead to other impressions and ideas. Through continued practice in freewriting, you will develop the habit of thinking as you write. And you will learn a technique that is helpful way to get started on almost any paper.

Hai semua selamat pagi, udah baca kan pembukaan diatas itu ? Itu apa sih maksudnya ? Ngomong apa sih ? Slow slow semua, saya kan baik hati. Jadi pasti saya jelasin apa maksud semua ini. Ini metode menghafal terbaru lohh, selain lewat status. Ternyata tulisan di blog lebih mudah kita ingat daripada baca buku berjam-jam *ini serius*. Oke ini adalah salah satu materi MK Writing III yang jadi bahan UAS saya hari ini.

sumber


Oke sebelumnya saya artikan dulu kalimat diatas :

“Menulis bebas berarti mencatat dengan cepat pada kata atau kalimat tidak lengkap yang dating dari pikiran mengenai topik yang memungkinkan. Lihat jika kamu dapat menulis tanpa henti selama 10 menit atau lebih. Jangan khawatir tentang pengejaan yang benar, menghapus kesalahan-kesalahan, membuat persiapan materi, atau tentang menemukan kata yang benar. Sebaliknya , eksplorasi sebuah ide dengan menulis apapun yang melintas di kepalamu. Jika kamu tidak dapat meneruskan kata, ulangi oleh kamu sendiri sampai beberapa kata datang. Tidak perlu merasa terhambat, karena kesalahan tidak dihitung dan kamu tidak harus menyerahkan freewriting itu. 

Menulis bebas akan melenturkan otot-otot kamu menulis dan membuat kamu terbiasa dengan menulis. Ini adalah cara untuk mematahkan blok mental dalam menulis. Karena kamu tidak khawatir tentang kesalahan, kamu dapat fokus menemukan apa yang ingin kamu katakan tentang subjek. Ide awal akan menjadi lebih jelas setelah kamu mendapatkannya di atas kertas, dan itu bisa menyebabkan ide-ide lain. Melalui praktek secara terus menerus dalam menulis bebas, kamu akan mengembangkan kebiasaan berpikir ketika kamu menulis. Dan kamu akan belajar teknik yang membantu untuk memulai di kertas yang lainnya".

Jadi udah bisa tarik kesimpulannya kan ? Di MK Writing III ini saya lebih fokus belajar pada teknik menulis dan tektek bengeknya. Itu adalah salah satu teknik menulis yang hampir semua kalangan blogger menerapkannya. Percaya tidak ? *harus percaya*. Saya sendiri sering menulis bebas, apalagi untuk semua tulisan di blog ini. Karena menurut saya menulis bebas itu seru, dan tidak repot harus berpatokan pada aturan-aturan yang bikin pusing.

Dengan melatih terus teknik menulis bebas, bukan tidak mungkin kan tulisan kita semakin hari akan memiliki passion atau karakter yang kuat. Dan juga melatih otot tangan dan kemampuan berpikir otak kita. Jadi berbahagialah seorang blogger yang sering menulis bebas, karena tidak semua orang bisa melakukan itu. Jangan berhenti untuk menulis, karena tulisan itu akan menjadi kenangan indah suatu haru nanti. Udah dulu ya, saya mau lanjut belajar buat UAS hari ini. *tidur lagi*.

52 comments:

  1. emm pernah baca juga di suatu grup tentang menulis dengan cara ini ... yang penting tulis dulu aja semua ide jangan di edit... edit setelah semua ide berhasil diungkapkan lewat tulisan ........ teknik jitu banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps gitu maksud gua bang, jadi biarkan jari ini menulis dengan indah .
      setelah selesai, baru dah kita edit.

      Delete
  2. Iya aku juga tu,,,nulis bebas..lancar terus... nulis tanpa henti dan biar salah diteruskan juga..... Nanti waktu edit..wow..ternyata di tulis itu banyak banget deh..n banyak salah ayat..hahahahha

    Tapi iya itu teknik yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, setidaknya membiasakan menulis dulu deh kak ya.

      Delete
  3. free-writing buat blogging ya?
    baru nyadar kalo selama ini juga pake teknik itu, hehe
    iya sih lebih enak soalnya tanpa tekanan... :D
    nice post...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener namanya juga bebas tanpa hambatan hha.

      Delete
  4. Aseeekkk agak kurang paham sih, tapi bner juga tuh, rta2 personal blogger psti nulis bebas deh, trmasuk aku jg gitu sih, hhe

    ReplyDelete
  5. untung bahasa inggrisnya diterjemahin hen, kalo gak aku gak tau artinya "preeettt
    wkwkwkwk

    bener hen, aku juga menerapkan menulis bebas, tapi yg penting tahu temanya dulu n udah ngerti awalannya insyaallah tar selanjutnya lancar deh tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lah, aku kan baik hati jadi diterjemahin deh .

      iya yang penting tau benang merah ceritanya kaya gimana.

      Delete
  6. ane biasanya kalo nulis selalu khawatir mbak, khawatir ngga enak dibaca, diksi yang ngga tepat, nyambung apa ngga...

    wah, rupanya kita harus nulis bebas aja ya, ngga boleh khwatir smaa apapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih khawatir pasti ada, asal jangan berlebihan .
      lagian kita gak akan pernah maju kalo gak mau nyoba hehe.

      Delete
  7. hmm, maksudnya buat nyari karakter atau ciri khas tulisan kita gitu kan ?
    Emang sih biasanya bingung kalo mau nulis kayak mana dan gaya yg gimana, kayaknya emang harus sering-sering nulis biar karakter tulisan kita keliatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setidaknya dengan kita sering nulis, pasti kan bakal keliatan gimana passion kita.

      Delete
  8. betul tuh kadang kadang saya mentok di suatu paragraf yang udah srek tapi gak dapet sambungin yang berahkir dengan tulis ulang ide lagi T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo kayak gitu mening tinggalin dulu tulisannya, refreshing dulu sebentar.
      jangan terlalu dipaksain .

      Delete
  9. bermanfaat nih. katanya sih supaya tulisan kita berkarakter kita musti terus terusan nulis. walaupun pertamanya berantakan cuman ya itulah awal dari karakter tulisan kita. aku sendiri sih mulai kayak gitu hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nanti juga makin mahir kok kalau banyak latihan.

      Delete
  10. membiasakan menulis...
    bermain dengan ide yang ada di otak sendiri...
    yahh..meski berantakan awalnya lama2 jg bakalan bagus kedepannya..
    kalo aku sih...bikin puisi doang yang pakai tulisan tangan..
    tangan ini rada enggan bergerak... *bilang aja malas nulisnya* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gua sih jujur males banget nulis tangan, makanya buku catatan dari dulu selalu polos tak ternoda hehe .

      Delete
  11. saat kondisi tubuh dan psikologis kita yang rileks dan fokus memang bisa meningkatkan kinerja otak kita dalam meluncurkan ide-ide untuk ditulis. beda banget saat harus menulis formal (tugas kuliah / TA) nulis satu paragraf bisa bermenit2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, kayaknya kalo posting lancar banget .
      eh giliran ngerjain tugas, baru satu paragraf aja udah ngantuk duluan ~,~

      Delete
  12. semua orang bisa menulis
    namun belum tentu bisa menulis karangan..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju deh sama riza, menulis karangan itu satu tingkat lebih complex daripada nulis biasa .

      Delete
  13. menulis... menaip... hehehe

    datang melawat dari keluarga BE... salam kenal.. saya dari malaysia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, temannya kak jue dong.

      maaf kak menaip itu apa ?

      Delete
  14. Kalau kata anak2 kampungfiksi..
    untuk membuat sebuah karya tulis, hanya ada 2 langkah.
    Mulai dan selsaikan.

    tapi kalo mentok ya jangan dipaksain, refreshing aja dulu
    kali aja dapet jodoh
    ~~~\o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah setuju banget deh, kalo dipaksakan ntar hasilnya nanggung loh *curcol*

      Delete
  15. Dicoba deh...
    Tapi aku setuju loh, soalnya biasanya kalo mau nulis sesuatu mikirnya lama :o

    ReplyDelete
  16. Kalo aku jaman belum punya leppi sih sering nulis bebas di kertas.
    Tapi skrg nulis bebasnya lgsung di lepi alias ngetik bebas.
    ╬═╬Ū╬═╬Ū╬═╬Ū╬═╬Ū╬═╬Ū

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren ih sering nulis di kertas, kalo gua mah gak suka nulis pake tangan (manual) gitu .

      Delete
  17. bener banget hen, emang menulis itu bisa banget buat manjangin pola pikir seseorang, sip dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan manjangin status kejombloan lu aja disini haha .

      Delete
  18. aku juga kalo nulis pokoknya dikeluarin dulu semua yang ada di dalam otak..
    ntar kalo udah baru aku baca ulang tulisanku trus di edit2.. :D

    Kak hen, katanya mau belajar.. kok tidur sih? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan ngeluarin kejombloan aja haha.

      ceritanya belajar di alam mimpi *etdah.

      Delete
  19. ehhh elu kesambet apaan pake nulis2 ginian segala...

    gua rasain yang elu tulis hen (ayam betina) hhhaha... gua baru2 ini sadar kalo ternyata kecepatan ngetik gua udah bertingkat semenjak ngBlog personal

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesambet setan lu bang haha.

      OMG plis gua itu manusia bukan ayam betina.

      Delete
  20. Aku bahagia jadi blogger yang suka nulis bebas (*,*)9

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga bahagia bisa mengenalmu *eh.

      Delete
  21. nulis bebas itu kece badai, yg penting keluarin apa yg pengen ditulis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, apalagi kalo ngeluarin duit buat gua OK banget tuh :bd

      Delete
  22. nulis itu kadang bisa mengikuti cara yg bermacam-macam. tapi yang nulis kan kita, jadi pahami kekuatan kita aja deh! pasti sukses kalo tahu kekutan diri sendiri. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang penting menulis dulu, nanti juga kita tahu passion kita itu apa.

      Delete
  23. tapi walaupun menulis bebas gue suka priview berulang ulang biar gak ada typo dan kalimat yg gak enak dibaca bisa diganti, nah itu bebas atau enggk-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang penting nulis dulu bang, udah beres baru dah diedit .

      Delete
  24. Aku juga kadang beberapa tulisan ternyata pakai teknik nulis bebas..tapi juga nggak ngalir kayak air gitu, kadang ada mentok, terus mikir agak lama. tidur2an dulu. dan tergantung tulisan juga..hhe

    btw, itu bhs inggrisnya pasti dari google translate ya terjemahannya? tapi di edit2 sedikit, soalnya aku cek..wkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang harus diselingi refreshing bang.

      cuma di bagian paragraf dua akhir bang soalnya buru-buru mau pergi ambil kitab suci haha.

      Delete
  25. hahaa..kalo gue nulis blog mah ngasal aja...
    tapi kalo mau bagus dan ngalir, biar gak random, harus pinter2 mengembangkan paragraf :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngasal juga tapi bagus kok, mungkin passion nya kayak gitu hehe.

      Delete
  26. izin nyimak...kunjungan perdana, d tunggu kunjungan balikny :D

    ReplyDelete

Udah baca kannn ?
Ayo dong tumpahin aernya *nahlo
BW lah kawan, karna BW sebagian dari iman :))

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...