Thursday, 21 February 2013

Kematian Itu

Judul diatas terlihat sadis atau bahkan sedikit menyeramkan ya. Kematian adalah sebuah takdir Tuhan yang bersifat rahasia, sama dengan jodoh dan rejeki. Kenapa rahasia ? Karena tak ada satupun yang bakal tahu kapan kematian akan datang ke setiap manusia. Ya kematian itu Rahasia Ilahi. 

Kenapa kali ini saya bahas soal kematian ? Karena di bulan Februari yang kata orang merupakan bulan kasih sayang, saya mengalami kehilangan atau mengahadapi kenyataan ada dua kerabat saya yang meninggal dunia atau mengalami kematian itu.

  • Yang pertama saat awal februari, ini adalah suadara dari mamah saya. Beliau merupakan sosok orang yang baik, pekerja keras, dan memiliki kemampuan bersosialisasi yang tinggi. Beliau meninggal saat melahirkan anak ke-11 nya, mungkin rahimnya sudah terlalu lemah untuk melahirkan. Beliau meninggal 15 menit setelah operasi caesar yang dilakukan. Alhamdulilah anaknya lahir dengan keadaan selamat, berjenis kelamin lelaki, dan berwajah tampan menurutku. Semua orang kaget, bersedih, dan menangis mengetahui kematian beliau. Beliau bernama Ibu Endah, sekali lagi ya kematian itu Rahasia Ilahi.
  • Kejadian kedua masih hangat atau baru beberapa hari yang lalu lah. Lagi-lagi sodara perempuan saya, namanya Hayatunnisa. Dia satu kampus dengan saya, hanya saja kita berbeda jurusan. Dia jurusan Kesehatan Masyarakat, sedangkan saya Pendidikan Bahasa Inggris. Dia meninggal karena penyakit kanker hati stadium empat yang dideritanya, itupun kita tahu pada saat-saat terakhir kehidupannya. Yang lebih disayangkan lagi tanggal 02 Maret nanti dia akan wisuda, dimana saya menjadi paduan suara di acara tersebut. Dia sudah memesan kebaya yang sangat cantik untuk acara wisudanya nanti. Memang terdengar miris, but it's a fact. Dan sekali lagi ya kematian itu Rahasia Ilahi.



Melihat dua kejadian yang memilukan itu, bukan kali pertama saya kehilangan orang yang saya sayangi di usia muda seperti itu. Sedih memang menghadapi semua kejadian itu, tapi apa daya yang bisa kita lakukan. Karena ya kematian itu Rahasia Ilahi. Umur bukanlah menjadi patokan kapan seseorang akan menghadapi kematian, toh nyatanya banyak anak kecil yang meninggal dunia. Kematian tidak memandang siapa, dimana, apa jabatannnya, berapa umurnya, atau hal lain yang bersifat duniawi. Kematian adalah rahasia Tuhan yang tidak bisa kita elakkan lagi.

Maka selagi kita masih diberikan kesempatan untuk merasakan kehidupan, pergunakanlah kesempatan itu sebaik-baiknya dan banyaklah berbuat hal yang positif tentunya. Karena sekali lagi kematian itu Rahasia Ilahi. Semoga mereka yang sudah kembali pada-Mu bisa beristirahat dengan tenang dan ditempatkan di tempat yang layak di sisi-Mu serta semua keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Tak peduli berapa lama lagi kamu hidup di dunia ini, yang terpenting adalah seberapa besar kamu buat hidupmu lebih bermanfaat bagi semua :)

63 comments:

  1. mengingatkan kita pada ketidak abadian nafas

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali bang moti semoga bisa menginspirasi :)

      Delete
    2. sangat berharga dan mengandung hikmah yang bisa dijadikan renungan dan pelajaran.
      bte gimana kabarnya teh heni ?? klo ke Bandung jangan lupa ya kunjungi Hotel di Bandung

      Delete
  2. iya heni..terkadang...kematian itu agak mengerikan juga..

    dan yang pasti.. kita memang disuruh,,menganggap hari ini adalah hari terakhir kita.
    kematian bila2 masa akan datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kak jue, memang kematian itu pasti akan datang tanpa kita bisa menolaknya :D

      Delete
  3. ya Allah kasihan banget itu temenmu yg mau wisuda :(
    padahal 1 minggu lagi akan diwisuda

    iya memang benar Hen, kita semua gak tau rahasia Allah
    sampai kapan kita akan bertahan di dunia ini, rejeki, jodoh dan mati memang rahasia illahi
    semoga kita termasuk org2 sholeh amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sodara gue kaka , nah bener banget tuh kak :)

      Delete
  4. tiap manusia punya takdir kematiannya sendiri-sendiri, tinggal nunggu waktu aja ya, mba :)

    ReplyDelete
  5. Dan pagi ini dapat kabar salah satu nenek ku meninggal...
    Hmmm,, hanya persiapkan kematian yang dapat kita lakukan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh sabar ya kaka gandi, kita doakan yg terbaik saja untuk semua yg sudah kembali ke sisi-Nya .

      Delete
  6. kadang saya juga sedih mbak, belum mampu menyiapkan secara maksimal untuk bekal nanti, padahal mati kan tidak woro-woro :(

    ReplyDelete
  7. itu sedih banget.. anaknya ibu endah gak bisa merasakan kasih sayang ibunya ketika lahir didunia.

    Hayatunnisa juga.. Udah mempersiapkan apa yg akan dilakukan kedepannya malah dipanggil allah duluan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga anaknya Ibu Endah bisa jadi lelaki yg kuat suatu saat nanti dan Teh Hayatunnisa bisa mendapatkan tempat yg layak di sisi-Nya :)

      Delete
  8. Safakallah. Semoga sabar ya yang ditinggalkan. Setiap yang hidup memang harus ingat mati, agar tahu hakikat hidup itu sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaka kita harus selalu ingat mati agar terus memperbaiki diri :)

      Delete
  9. Alhamdulillaah, dapat dzikrul maut di sini :)

    dzikrul maut, melembutkan hati yang mengeras akibat lalai dengan gemerlap dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata-kata mbak dini mantep banget deh sumpah :bd

      Delete
  10. Kematian itu memang misteri, ga ada yang tau kapan datangnya :(. Kita hanya harus mempersiapkan bekal sebanyak-banyaknya dalam perjalanan hidup kita d dunia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak nina memang hanya itu yang bisa kita lakukan :)

      Delete
  11. Kasian ya dia . padahal sebentar lagi mau wisuda :(

    Tapi , apalah arti dunia jika tuhan telah menentukan akhir dari umur kita :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak mana cantik lagi orangnya juga, ah pokonya kayak gitu deh :|

      Delete
  12. kadang kala, kematian membuat manusia-manusia yang ditinggalkan tersadar, mungkin kita gak lama lagi, hanya menunggu waktu. Betul, kematian itu Rahasia ilahi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul kak kematian itu Rahasia Ilahi yang tidak bisa kita duga atau prediksi terlebih dahulu :)

      Delete
  13. aaaaaaaaaaaaaaaa why harus ini mbak heni bahasnya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau tiba-tiba nulis kayak gini aja :|

      Delete
  14. Kejadian-kejadian ini akan memberi pelajaran bagi kita, dan memberi bukti bahwa tidak ada yang abadi.
    Semoga amal ibadah Tante dan Saudari kamu diterima oleh Allah, dan diberikan tempat yang terbaik, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya Allah, memang hanya do'a yang bisa kita berikan untuk saat ini :|

      Delete
  15. kematian orang memang selalu kita tidak menyangkanya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener dek dan sedih banger rasanya :(

      Delete
  16. heeeenniii jangan menakutikuu -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tidak menakutimu sayang serius deh :)

      Delete
  17. Ingat Mati akan Membuat Mu Merasa lebih Baik

    Mampir kesini ya, salam kenal Peta Indonesia Karya Anak Negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak widi , iya mampir ah sekarang hehe

      Delete
  18. ya Allah, jadi takut, dosa masih banyak,,hhmm kanker hati? kasian ya, ya setidaknya dia udah bisa tenang lah dialam sana hen :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau pun hidup juga kasian banegt liatnya, minum aja udah sakit banget keliatannya :'(

      Delete
  19. Agama memang menyuruh kita untuk banyak2 mengingat mati :)

    Semoga mereka yg telah duluan pulang, diberi tempat yng layak disisiNya. Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya agar bisa terus bersyukur dan tidak takabur ya mbak ?
      aamiin ya Allah.

      Delete
  20. kakek aku juga meninggal, terkadang hello harus dibales sama goodbye!:""3 visit back ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar ya kaka, kita doakan saja yg terbaik untuk mereka :)

      Delete
  21. Ikut berbelasungkawa untuk Ibu Endah dan temanmu, Hayatunnisa yaa..emang iya kita nggak tahu sampai kapan kita bisa hidup..dan bikin ikut sedih juga karena udah mau wisuda tinggal menunggu hari tetapi memang rencana Alloh tidak ada yang tahu ya...

    Maka selagi kita masih diberikan kesempatan untuk merasakan kehidupan, pergunakanlah kesempatan itu sebaik-baiknya dan banyaklah berbuat hal yang positif tentunya. Karena sekali lagi kematian itu Rahasia Ilahi.
    bener banget ni Hen katamu...pergunakan hari ini seakan akan hari ini hari terakhir kita, jadi tetep selalu berbuat yang baik baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak speechless banget deh bayanginnya :(
      aku gak tau harus kaya gimana :|

      Delete
  22. semuanya kembali pada Yang Maha Kuasa Hen... tabahkanlah hatimu, semoga diberi tempat yang layak disisiNya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin zim makasih memang hanya doa yang bisa kita berikan pada mereka :)

      Delete
  23. kita tidak yahu kapan kita akan meniggalkan dunia...
    lebih baik kemasi bekalmu sekarang dan bersiap-siap..
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip setuju sekali sama pendapatnya, tugas kita hanya bersiap-siap dan tunggu giliran.

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. suka sama quote terakhirnya :D

    kematian itu cara cinta Sang Pencipta kepada Mahluknya, sbg reminder untuk terus memperbaiki diri setiap harinya dan membuat hidup ini lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan suka sama gue nya ya ? *ngarep*
      nah kaksan bener tuh :bd

      Delete
  26. "perbanyak amal baik selama kita hidup,ketika meninggalpun kita akan dikenang sebagai bentuk apa yg kita ukir"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi berusaha dan menunggu giliran aja ya mba

      Delete
  27. yang Penting selalu istghfar n selalu ingat sama Allah... salam blogger ^^ pollow back yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip bang mawan, sorry nih ya baru sempet bales .
      langsung deh di polbek :D

      Delete
  28. kasihan juga ya sodaramu padahal bentar lagi mau wisuda, emang bener kematian itu ga bisa dikira-kira datangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, apalagi pas acara wisuda alm dapet penghargaan wisudawati terbaik, merinding lohhh :|

      Delete
  29. Kematian adalah satu-satunya kepastian di dunia ini. Jika semua tidak pasti maka kematianlah yang pasti. Karena smua mahluk akan bertemu dengan kematian.

    selamat pagi Mba Heni...apa kbrnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak irma memang begitu adanya .
      alhamdulilah kabar heni baik :)

      Delete
  30. kematian akan menyambut setiap mahlik di mukabumi ini tak terkecuali jadi siap siap yaaaaaaaaa..:D
    btw kisah yang ditulis diatas sangat mengharukan, mudah-mudahan ada hikmahnya buat kita semua..
    buat teh heni nuraeni salam kenal dariku admin Hotel Murah di Bali

    ReplyDelete
  31. Wah saya telat berkomentar, di dunia itu ga ada yang abadi ya meskipun inginya gitu tapi mau bagaimana lagi, itulah takdir.

    ReplyDelete

Udah baca kannn ?
Ayo dong tumpahin aernya *nahlo
BW lah kawan, karna BW sebagian dari iman :))

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...